Bagi kalian yang mengikuti seri Gundam pasti sudah tidak asing lagi dengan robot yang satu ini. Ya, robot bulat yang bisa bicara, Haro.

Robot yang merupakan maskot seri Gundam yang selain menjadi peliharaan juga sebagai kopilot ini sekarang muncul dalam wujud nyata yang bisa berbicara. Pada acara Ceatec Japan 2017 yang berjalan dari 3-6 Oktober sebuah robot bernama Guncierge Haro telah diungkap dan cukup akurat dengan seri anime-nya berkat kemampuannya dalam berdialog.

Guncierge Haro dapat diajak bicara berkat AI yang bisa mengenali dan menganalisa suara. Database internalnya dapat memberikan jawaban yang sesuai, terutama bila topik tersebut berhubungan dengan Gundam.

Robot ini dilengkapi lampu LED pada mata dan mulut, dan juga bisa bergerak untuk menghadap lawan bicaranya. Selain itu, berbagai gadget juga bisa dihubungkan dengan robot ini via Bluetooth.

Proyek ini adalah proyek yang direncanakan oleh pihak Bandai Namco Studio, dibantu IBM Jepang yang mengembangkan artificial intelligence, dan VAIO yang membuat mekanisme dan sistem elektroniknya.

Guncierge Haro akan rilis pada tahun 2018.

Yah, semakin kedepan semakin banyak teknologi tercipta yang terinspirasi dari anime/manga. Kira-kira teknologi apa lagi yang teman-teman ingin lihat ??

LEAVE A REPLY