Facebook, salah satu social media yang digunakan di seluruh dunia untuk saling berbagi kabar dengan teman atau menyebar berita hoax. Siapa sangka sebuah postingan ternyata benar-benar bisa menyelamatkan nyawa orang.

Didapat dari berita Kompas, dua orang turis asing yakni Mikey Lythcott dan kawannya, Stacey Eno nyaris tewas kalau tidak “diselamatkan” oleh sebuah postingan Facebook.

Awalnya mereka sedang berkendara menggunakan sepeda motor berdua di perbukitan di daerah Ubud. Masalah terjadi ketika motor mereka tidak bisa direm tepat waktu di suatu tikungan dan menyebabkan mereka terjatuh ke jurang.

Sebelumnya, Lythcott sempat membeli SIM lokal, tapi ponsel yang memuatnya terjatuh entah kemana ketika mereka terjun ke jurang. Saat merogoh-rogoh kantong jaketnya, dia menemukan ponsel dengan SIM Amerika yang dibawanya.

Untungnya, sinyal international roaming bisa dinyalakan meski lemah. Lythcott mengunggah sebuah postingan di Facebook untuk minta bantuan kepada siapapun.

Posting yang diunggah Mikey Lythcott

Postingan tersebut dilihat oleh salah satu kawannya bernama Aimee Sparks dan segera meneleponnya. Dengan kondisi baterai ponsel hampir habis, dia sempat mengirim informasi lokasinya lewat WhatsApp.

Karena kegemarannya melakukan traveling, Lythcott memiliki banyak teman dari berbagai belahan dunia. Seorang temannya menelepon kantor konsulat, lalu kawan lainnya menelepon polisi lokal di Bali.

Beberapa jam kemudian, tim penyelamat dan warga lokal berhasil menyelamatkan mereka dan langsung membawa mereka ke rumah sakit di Kuta.

Kondisi mereka saat dirawat di rumah sakit di Bali, Stacey Eno (kiri) dan Mikey Lithcott

Dia berujar bahwa traveling terkadang berbahaya dan menakutkan, namun hal itu tidak akan menghentikan mereka untuk traveling. Eno juga berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan bantuan.

“Tanpa teknologi dan teman-teman, kami mungkin tidak akan selamat,” katanya.

LEAVE A REPLY