Seiring berjalannya waktu, teknologi pun semakin berkembang. Salah satu teknologi yang terdengar adalah Augmented Reality (AR). Banyak perusahaan mengembangkan teknologi untuk memanfaatkan teknologi tersebut.

Pemanfaatan nyata dari teknologi AR adalah dengan menggunakan smart glasses. Smart glasses sendiri merupakan komputer yang berbentuk seperti kacamata yang dapat dipakai dan digunakan dimana pun tanpa memberikan beban yang berat kepada pengguna. Namun, tidak semua produk smart glasses memenuhi kebutuhan konsumen umum. Teknologi smart glasses yang dilengkapi dengan kamera untuk perekam video pun masih belum memenuhi kebutuhan.

Foto : techradar.com

Untungnya, masih banyak perusahaan yang berusaha mengembangkan smart glasses untuk penggunaan yang lebih inovatif. Salah satunya berita datang dari National Theatre Inggris yang menggunakan produk Epson Moverio BT-350 untuk meningkatkan kualitas pertunjukan mereka.

Terdapat beberapa masalah dari pertunjukan panggung, terutama untuk mereka yang dari awal memiliki masalah dengan pendengaran. Sekitar 11 juta penduduk Inggris mengalami gangguan pendengaran. Tidak seperti menonton di rumah, mereka tidak dapat mengganti subtitle, tidak bisa mengontrol volume, serta suara dari panggung yang terganggu akibat suara-suara penonton yang lain.

National Theatre Inggris berusaha menanggulangi hal tersebut dengan memanfaatkan Epson Moverio BT-350. Bagaimana cara pemanfaatannya? Pertama, dengan memberikan support pada sistem pendengaran, seperti pengaturan volume manual tergantung kebutuhan si user.

Pemanfaatan lainnya adalah dengan menerapkan teknologi AR untuk menampilkan subtitle pada smart glasses. Para user dapat mengatur ukuran tulisan, warna, serta penempatan subtitle tersebut. Subtitle tetap akan menempel pada smart glasses kemanapun mereka melihat. Semuanya dapat diatur melalui panel menu smart glasses, termasuk untuk meminta bantuan atau mengakses user tutorial. Para penonton juga diberikan trackpad kecil yang berfungsi sebagai kursor.

Foto : techradar.com

Epson dan National Theatre Inggris telah bekerja sama untuk mengembangkan sistem transkrip speech-to-text, yang merubah suara menjadi teks secara langsung. Namun, terkadang masih terdapat kesalahan saat aktor merubah dialog mereka secara tiba-tiba.

Tidak seperti Google Glass, Moverio BT-350 memiliki dua layar display sehingga dapat memberikan persepsi yang dalam serta pendekatan yang terasa lebih nyata.

Seorang perwakilan dari Graeae Theatre Company, perusahaan panggung pertunjukan tertua yang dikhususkan bagi mereka yang tuli dan lumpuh, mengatakan bahwa smart glasses merupakan suatu “inisiatif yang fantastis.” Meski demikian, masih banyak pengembangan yang dapat dilakukan untuk Epson Moverio BT-350 sebelum dapat dinikmati kalangan luas.

LEAVE A REPLY